PENERIMAAN TAMU RACANA

GERAKAN PRAMUKA UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI 25-11-2022

Gerakan Pramuka, Gugus Depan (GUDEP) Racana Putra 15-171 dan Gudep Racana Putri 15-172 Universitas Muhadi Setiabudi Brebes Tahun 2022 melaksanakan Penerimaan Tamu Racana (PTR). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun Dewan Racana UMUS. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum’at (25-11-2022).

Kegiatan Penerimaan Tamu Racana Gugus Depan 15-171 dan 15-172 Universitas Muhadi Setiabudi merupakan salah satu wadah pembinaan karakter generasi muda ditingkat Gugus Depan, yang bertugas sebagai pengelola, dan pelaksana kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega.

Kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan program kerja Dewan Racana Gugus Depan 15-171 dan 15-172 Universitas Muhadi Setiabudi yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuan Kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini dilaksanakan dalam rangka orientasi dan pembinaan kepramukaan bagi calon anggota baru Gugus Depan Universitas Muhadi Setiabudi yang dilaksanakan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini mengangkat tema ”Kuatkan Pendidikan Karakter, Majukan Kebudayaan dan Tingkatkan Kualitas Diri melalui Kegiatan Kepramukaan”.

Kegiatan Penerimaan Tamu Racana Gugus Depan 15-171 dan 15-172 Universitas Muhadi Setiabudi dilaksanakan secara luring selama 2 hari Jum’at-Sabtu, tanggal 25-26 November 2022, bertempat di Kampus Universitas Muhadi Setiabudi Brebes.

Foto : Suasana Kegiatan Api Unggun yang dilaksanakan dimalam terakhir Kegiatan Gudep Penerimaan Tamu Racana.

Adapun Jenis Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Penerimaan Tamu Racana Gugus Depan 15-171 dan 15-172 Universitas Muhadi Setiabudi, meliputi;

  1. Kegiatan Upacara Adat Buka/Tutup Racana
  2. Kegiatan Upacara Pembukaan dan Penutupan

Pemberian Materi :

  1. Jumpa Tokoh Pramuka bersama Kak Drs, Budi Adjar Pranoto, M.H., M.M.Pd.
  2. Kepemimpinan dalam Kepramukaan oleh Kak Didik Tri Setiyoko, M.Pd.
  3. Pola Pembinaan Kepramukaan Perguruan Tinggi oleh Kak Riski Umi Nurbaety, M.Pd.
  4. Pengenalan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada oleh Kak Sutikno, M.Pd.
  5. Teknik Dasar Kepramukaan Oleh kak Kak Ilham
  6. Peran Dewan Kerja dan Dewan Racana Pramuka ditingkat Gugus Depan
  7. Profil dan Struktur Organisasi Gugus Depan Universitas Muhadi Setiabudi
  8. Pengenalan Dewan Racana Gudep Universitas Muhadi Setiabudi oleh Ketua Dewan Racana Gudep
  9. Evaluasi (Penugasan dan Pre & Post Tes).
  10. Giat Prestasi (Lomba Video Kreatif, Lomba Poster, Lomba Membuat Menara, Lomba Seni Budaya Brebes dan Pemilihan Putra Putri Scout)

Kegiatan ini diikuti oleh Peserta Didik Baru Universitas Muhadi Setiabudi Tahun Akademik 2022/2023, dan Mahasiswa Semester III yang belum Lulus PTR Tahun sebelumnya, dengan keseluruhan jumlah peserta 100 Mahasiswa.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Gudep, Drs, Budi Adjar Pranoto, M.H., M.M.Pd selaku Dosen Universitas Muhadi Setiabudi sekaligus memberi sambutan dan mengucapkan selamat kepada peserta dalam mengikuti kegiatan Penerimaan Tamu Racana dengan harapan semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semua adik-adik mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *