Dr. Moh. Toharudin, M.Pd.

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Alhamdulillah puja dan puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga semua aktivitas dimudahkan dan diberkahi. Shalawat dan salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya serta umat Islam, semoga kelak dihari kiamat kita diberi syafa’at dengan meminum telaga kausar, Aamiin.
Sejalan dengan visi Universitas Muhadi Setiabudi terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, religius serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS), menetapkan visi Terwujudnya fakultas yang unggul, religius dan menerapkan ilmu pengetahuan serta teknlogi bagi masyarakat. Dalam mengemban misinya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhadi Setiabudi menerapkan prinsip total transformational education, yakni berusaha mengembangkan peserta didik secara menyeluruh, padu, imbang dan selaras antara dimensi knowledge, character and attitude dan truth and faith. Dalam proses pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak hanya sekedar memberikan keahllian konseptual di bidang pendidikan, tetapi juga membangun profesionalisme, etos kerja, nilai etika dan moral.
FKIP UMUS menyelenggarakan dua Program Studi Sarjana unggulan, yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia keduanya terakreditasi B. Dua program studi tersebut menyiapkan lulusannya yang memiliki kompetensi di bidang pengajaran, kepemimpinan dan kemandirian. Proses pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang nantinya dapat memberikan bekal kepada alumninya dalam bersaing ditingkat global.  Secara umum, target untuk pendidikan S1 mendatang adalah mencapai keseimbangan baru antara konsep/teori dengan studi empris/studi kasus dengan pengurangan porsi teori dan konsep yang mengarah ke spesialisasi tertentu dan penambahan waktu mata kuliah inti untuk analisis dunia nyata (deep core generalist with limited specialization).
Pusat-Pusat unggulan yang dikembangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Program Kreativitas Mahasiswa memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan riset berkolaborasi dengan dosen pada beberapa matakuliah kompetensi pendidikan, melakukan inovasi dan mengembangkan pembelajarannya. Pusat pembelajaran, memfasilitasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam pembelajaran melalui pelatihan serta kegiatan kunjungan ke lokasi mitra. Pusat kegiatan mahasiswa, baik dibidang seni (teather, musik, dan paduan suara), olahraga, maupun kewirausahaan serta bidang agama.
Prinsip utama yang kami anut adalah menjaga keunggulan kompetitif FKIP UMUS sebagai institusi pendidikan di tengah persaingan global (dari dalam dan luar negeri) tanpa melupakan pencapaian diri (self-actualization) melalui jenjang karir yang transparan yang bermuara pada kesejahteraan welfare dari stakeholdernya. Kami berusaha untuk tidak menjadi institusi kelas dua yang semata-mata hanya menghasilkan produk-produk masal kelas dua, namun kami akan berjuang untuk menjadi institusi yang mumpuni dan diperhitungkan di tingkat nasional dan global. 
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatiannya.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.