Pagelaran Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhadi Setiabudi Brebes 2020

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes kembali mengadakan acara tahunan yaitu Pagelaran Seni, yang bertemakan “ Melestarikan Budaya dan Tradisi Indonesia Melalui Pagelaran Pentas Seni”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menyelenggarakan Pagelaran Seni yang menampilkan berbagai pertunjukan spektakuler seperti musikalisasi puisi, tari tradisional atau daerah, dan teater. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu pada tanggal 25-26 Januari 2020 Pukul 09.00 WIB sampai selesai. Bertempat di Auditorium Universitas Muhadi Setiabudi Brebes.

Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi Indonesia, terutama di lingkungan Universitas Muhadi Setiabudi Brebes dan juga masyarakat sekitar. Mengajarkan pada mahasiswa untuk melakukan kegiatan apresiasi seni dengan memerankan langsung kegiatan seni tersebut. Para mahasiswa semester awal juga dijadikan panitia untuk memberikan pelajaran agar dapat mengadakan acara besar di kampus sekaligus melakukan apresiasi seni.

Malam Kebudayaan tersebut dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Dr. M. Toharudin, M.Pd. dalam sambutannya Dekan FKIP menyampaikan bahwa pertunjukan seni dan budaya tersebut bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada civitas akademika di UMUS, namun juga sebagai upaya untuk memperkuat ikatan kekeluargaan antar mahasiswa sehingga menumbuhkan solidaritas tinggi dan suasana pembelajaran yang nyaman setelahnya. Pertunjukan tersebut diisi oleh penampilan tarian tradisional Indonesia. Tari-tarian tersebut ditampilkan oleh para mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester lima. Selain itu disuguhkan juga penampilan musik dari Unit Kegiatan Mahasiswa Musik Universitas Muhadi Setiabudi.

Kemudian pertunjukan diisi juga dengan suguhan pertunjukan musikalisasi dari para mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester tiga. Pertunjukan Terakhir diisi dengan suguhan teater dari para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester tiga. Para mahasiswa dan masyarakat sekitar sangat antusias untuk hadir menyaksikan pertunjukan tersebut. Pagelaran seni itu  mendapat sambutan yang meriah dari para hadirin yang sangat antusias terkesan dengan semua penampilan yang disuguhkan. Acara tersebut baerlangsung dengan baik dan lancar. Tidak sedikit yang memberi komentar bahwa penampilannya sangat memukau.

Penulis : Siti Ulin Nuril Hidayah

Editor  : Drs. Ghufroni, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *